blibli
20220717_010355

405 Napi Lapas Curup Terima Remisi Kemerdekaan

SK Remisi Diserahkan Secara Simbolis Oleh Bupati dan Wakil Bupati RL

intikata.com – Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 77 tahun 2022, sebanyak 405 Narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Curup, mendapatkan Remisi Umum (RU) Hari Kemerdekaan, Rabu (17/08).

Kepala Lapas Curup Bambang Wijanarko saat diwawancara usai penyerahan Surat Keputusan RU menerangkan dari 405 Narapidana yang menerima remisi ini terdiri dari 392 Napi untuk RU 1, RU PP Nomor : 99/2012 untuk kasus narkoba di ataa 5 tahun sebanyak 9 Napi dan RU 2 atau pidana pokok habis tinggal menjalankan pidana subsider atau denda sebanyak 4 Napi.

“Penerima Remisi sebanyak 405 orang, yang mendapat Remisi Umum 1 sebanyak 392 orang, untuk yang PP 99 sebanyak 9 orang dan yang lansung bebas 4 orang atau Remisi Umum 2” terangnya.

Baca Juga :  Lapas Curup Panen Perdana Kebun Kol Hasil Cocok Tanam WBP

Untuk Narapidana yang menerima Remisi ini, Kalapas pun menegaskan semuanya telah memenuhi syarat mulai dari berkelakuan baik dan tidak melakukan pelanggaran selama 6 bulan terakhir, telah melalui assesment dari Tim Lapas termasuk penilaian pembinaan dan sebagainya. Dan untuk Narapidana yang menerima RU ini merupakan Narapidana Pidana Umum dan Narkoba dan tidak ada Narapida Tindak Pidana Korupsi atau Tipikor.

“Untuk Remisi, khusus yang di Lapas Curup untuk korupsi tidak ada” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rejang Lebong Syamsul Effendi bersama Wakil Bupati Hendra Wahyudiansyah usai menyerahkan SK Remisi merasa terharu. Ia pun berharap semoga ada hikmah membawa berkah kedepan sehingga dapat kembali dan menjadi masyarakat yang baik.

Baca Juga :  DD Desa Lubuk Tunjung SBI terancam "hangus"

“Saya terharu. Mudah-mudahan mendapat keberkahan yang  terjadi pada saat ini untuk kedepan, sehingga dapat kembali kepada masyarakat. Untuk yang sudah berkeluarga dapat kembali ke keluarga, sehingga menjadi masyarakat yang baik” tuturnya.

Turut hadir dalam penyerahan Remisi Umum ini, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Ketua TP PKK RL didampingi Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW)  dan tamu undangan lainnya. (Iw.IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *