blibli
20220717_010355

Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Bawaslu RL Gandeng Jurnalis PWI

Jurnalis Memiliki Peranan Pengawasan dan Sukseskan Pemilu 2024

intikata.com – Rejang Lebong, Laksanakan pengawasan bersama Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Rejang Lebong menggelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif.

Menurut Komisioner Bawaslu Novri Iranas, dalam konteks melakukan pengawasan tidak cukup dengan jajaran Bawaslu untuk memastikan pelaksanaan Pemilu nanti bisa berjalan sesuai dengan aturan.

“Artinya untuk menjaga kualitas demokrasi harus dilakukan secara bersama. Makanya kita harus melibatkan banyak pihak” Ungkap Novri Iranas.

Dia pun menyebutkan untuk menyampaikan informasi terkait tahapan-tahapan Pemilu 2024, tentunya tidaklah cukup hanya menggunakan media yang dikelola Bawaslu. Untuk itu sangat dibutuhkan peran dari media massa baik online, cetak dan eletronik.

Baca Juga :  Jadwal Lengkap Piala Dunia Qatar 2022

Sedangkan pada tahapan Pemilu di KPU (Komisi Pemilihan Umum) sekarahg ini sedang melakukan tahapan verifikasi keanggotaan Partai Politik setelah sebelumnya dilakukan verifikasi Partai.

“Hasil pengawasan kemarin banyak juga warga masyarakat yang masuk dalam Partai Politik padahal bukan anggota Partai Politik. Artinya ini juga harus disampaikan ke masyarakat. Kalau memang tidak masuk, hari ini KPU membuka ruang itu untuk dilakukan perbaikan” Ujarnya.

Sementara itu, menurut Ketua PWI Nur Muhammad untuk menyukseskan Pemilu juga menjadi tanggung jawab dan peranan dari jurnalis untuk pengawasan dan meningkatkan partisipasi Pemilu tahun 2024.

Baca Juga :  Aksi Curanmor Di Curup Utara Terekam CCTV

“Sebagai Jurnalis kita juga memiliki tanggung moral dan sosial untuk menyukseskan hajat Politik Bangsa Indonesia. Dimana dengan peran media massa kita bisa mengajak untuk mengawasi jalannya Pemilu dan meningkatkan partisipasi masyarakat” singkatnya.

Dalam sosialisasi yang dilaksanakan selama 2 hari 12-13 November 2022 di Hotel Golden Rich 88 ini, selain mengajak rekan-rekan Jurnalis yang bernaung dibawah Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), juga melibatkan Forum Komunisiasi Badan Permusyawaratan Desa (FK-BPD), Organisasi Kepemudaan, Alumni Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP) dan lainnya. (Iw.IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *