blibli
20220717_010355

Panen Jamur Tiram WBP Lapas Curup, Kakanwil Pinta Keberhasilan Lapas Curup Ditularkan ke Lapas lain

Kakanwil Juga Panen Telur Hasil Pembinaan Kemandirian WBP Lapas Curup

intikata.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Curup lakukan panen perdana budidaya jamur tiram hasil pembinaan kemandirian Warga Binaan Pembinaan(WBP), yang dilakukan lansung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kakanwil Kemenkumham) Bengkulu, Erfan, SH, MH, Kamis (08/09).

Usai melakukan panen jamur tiram WBP  Lapas Curup didampingi Kadivpas Roni Fernando Sianturi dan Kadivmin Johan Manurung serta stake holder, Kakanwil mengapresiasi keberhasilan Kepala Lapas Curup dalam melakukan pembinaan kemandirian warga binaan.

“Ini luar biasa, bukan saya berbicara di depan Kalapas tapi nyatanya ada. Sebelum saya kesini beberapa bulan lalu dan perubahannya sangat luar biasa, banyak sekali keterampilan warga binaan sekarang”Ungkap Kakanwil Kemenkumham Bengkulu, Erfan kepada awak media.

Dia pun menginginkan Kadivpas agar dapat melakukan hal yang sama dan membuat keberhasilan pembinaan kemandirian Lapas Curup, juga dilakukan Lapas lain dalam wilayah Kanwil Kemenkumham Bengkulu.

Baca Juga :  Toko di sebelah Kantor Pemasaran Mega Mall ludes terbakar

“Kedepan saat-saat berikutnya bisa ditularkan kepada Lapas lain ya Kadivpas” pintanya.

Hal senada juga disampaikan Kadivpas Roni Fernando Sianturi usai melakunan panen jamur tiram. Dia sangat bangga atas keberhasilan inovasi kegiatan kemandirian di Lapas Curup.

“Kegiatan kemandirian Lapas Curup luar biasa. Mantap” sebutnya.

Selain melakunan panen jamur tiram, rombongan Kakanwil Kemenkumham juga melakukan panen telur yang juga merupakan hasil pembinaan kemandirian WBP untuk ternak unggas.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Curup Bambang Wijanarko keberhasilan pembinaan dan hasil panen yang luar biasa hari ini merupakan hasil kerja dari warga binaan. Dia pun berharap, dengan hasil ini nantinya ada paradigma baru masyarakat untuk warga binaan.

Baca Juga :  Kamar Hunian WBP Lapas Curup Digeledah

“Panen perdana jamur tiram dan telur ini merupakan hasil karya binaan warga pemasyarakatan. Jadi kita harapkan ada pemahaman sendiri dari masyarakat, bahwa warga binaan ini kita bina untuk bisa kembali ke masyakarakat” terang Kalapas.

Untuk warga binaan yang mengikuti pelatihan pembinaan kemandirian ini, Kalapas pun mengatakan semuanya diberikamn sertifikat keahlian. Dan sebanyak 150 WBP yang terdiri dari pembinaan kemandirian tata boga dan budidaya jamur tiram diberikan sertifikat yang lansung diberikan oleh Kakanwil Kemenkumham Bengkulu.

“Seperti yang disampaikan Kakanwil, semua warga binaan yang ikut pelatihan kita berikan sertifikat sehingga bisa diakui keahliannya di luar nanti” pungkasnya.

Disisi lain salah satu Anggota DPRD Rejang Lebong Putra Mas Wigoro yang ikut hadir pada panen perdana jamur tiram juga memberikan apresiasi atas pembinaan warga binaan yang dilakukan Lapas Curup. Dia pun berpesan agar usai menjalani masa pidana, agar dapat menjadi pribadi yang lebih baik setelah melewati pembinaan.

Baca Juga :  UU Nomor 22 Tahun 2022 Disosialisasikan Kepada WBP Lapas Curup

“Saya telah melihat berbagai hasil karya dari warga binaan. Jadi setelah keluar nanti, harus bisa lebih menjalani kehidupan kedepannya”singkatnya. (Rls.Iw.IK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *